Makalah Penyebaran Saluran-saluran Islam di Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
Pada tahun 30 Hijriah atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah. dalam makalah ini akan di bahas lebih mendalam mengenai sejarah perkembangan islam di Indonesia.
    1. Rumusan Masalah
  1. Bidang apa saja yang menjadi saluran masuknya Islam di Indonesia?
    1. Tujuan Penulisan
  1. Untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru Sejarah Indonesia
  2. Kita dapat mengetahui darimana Islam itu datang dan Saluran-salurannya


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Penyebaran Saluran-saluran Islam di Indonesia
Penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia dilakukan secara damai melalui beberapa saluran-saluran sebagai berikut :
  1. Saluran Perdagangan 
Pada awalnya, agama Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan yang dilakukan oleh perdagangan (India). Hal itu sesuai dengan perkembangan lalu lintas perdagangan laut pada abad ke-7 M sampai dengan abad ke-16 M. Para pedagang ini singgah di Indonesia untuk sementara waktu dan menanti saat yang tepatu ntuk meneruskan pelayarannya ke wilayah lain, seperti ke CIna. Pada saat para pedagang Islam singgah, terjadi interaksi antara pedagang Islam dan penduduk lokal. Pedagang Islam tersebut selain berdagang juga menyiarkan agama Islam sehingga penduduk pribumi tertarik pada ajaran dan kebudayaan Islam. 
  1. Saluran Perkawinan               
Dari sudut pandang ekonomi, para pedagang muslim memiliki status sosial yang lebih baik dari kebanyakan pribumi, sehingga penduduk pribumi terutama putra­putri bangsawan, tertarik untuk menjadi istri saudagar­saudagar itu.sebelum kawin, mereka diIslamkan lebih dahulu. Setelah mereka mempunyai keturunan, lingkungan mereka makin luas. Akhirnya timbul kampung­kampung, daerah­daerah, dan kerajaan­kerajaan muslim. Dalam perkembangan berikutnya, ada pula wanita muslim yang dikawin oleh keturunan bangsawan, tentu saja setelah yang terakhir ini masuk Islam terlebih dahulu. Jalur perkawinan ini lebih menguntungkan apabila terjadi antara saudagar muslim dengan anak bangsawan atau anak raja dan anak adipati, karena raja adipati atau bangsawan itu kemudian turut mempercepat proses Islamisasi. Demikian yang terjadi antara Raden Rahmat atau Sunan Ngampel dengan Nyai Manila, Sunan Gunung Djati dengan Putri Kawunganten, Brawijaya dengan Putri Campa yang menurunkan Raden Patah (raja pertama Demak), dan lain­lain.
  1. Saluran Tasawuf
Tasawuf adalah ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Para ahli tasawuf biasanya memiliki keahlian yang dapat membantu masyarakat, misalnya ahli menyembuhkan penyakit. Mereka mengajarkan agama Islam di Indonesia menyesuaikan dengan pola pikir masyarakat yang masih berorientasi pada agama Hindu dan Buddha sehingga mudah.......
Klik gambar di bawah untuk Download Makalah Full
http://sfl.ink/MakalahPenyebaranIslam
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makalah Penyebaran Saluran-saluran Islam di Indonesia"

Posting Komentar