Makalah Model OSI


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Suatu system gadget atau komputer didalamnya selalu memiliki perangkat atau software yang berfungsi berkomunikasi. Mungkin komunikasi antar data maupun antar perangkat atau perangkat dan manusia. Hubungan yang disebut komunikasi telah menjadi hal awam bagi masyarakat luas. Dalam berkomunikasi ini komunikasi di dalam komputer memiliki syarat atau perantara agar tidak terjadi missed communication atau salah komunikasi. Sehingga, komunikasi yang berjalan akan berjalan lancar. Untuk mewujudkan komunikasi yang berjalan lancar, maka diciptakanlah beberapa model OSI (Open System Interconnection) yang berisi beberapa layer untuk menciptakan alur komunikasi yang berjalan baik dan lancar seperti yang diinginkan.

  1. Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan OSI LAYER?
  2. Apa fungsi Physical Layer?
  3. Apa fungsi Application Layer?
  1. Tujuan Penulisan
  1. Kita dapat mengetahui apa itu OSI LAYER
  2. Gambaran ke tujuh OSI LAYER berdasarkan tingkatannya
  3. Fungsi dari Physical Layer
  4. Kita dapat mengetahui perangkat-perangkat yang termasuk ke dalam OSI LAYER








BAB II
PEMBAHASAN
    1. Sejarah OSI
OSI adalah singkatan dari Open System Interconnection atau dalam bahasa Indonesianya berarti model referensi jaringan terbuka. OSI mulai dikembangkan di daratan Eropa Pada tahun 1977 oleh International Organization for Standardization hingga akhirnya OSI juga dikenal dengan OSI seven layer model. OSI adalah sebuah inovasi didalam bidang jaringan computer atau Computer Networking, dimana sebelum adanya OSI sebuah Networking sangat tergantung kepada pemasok atau penyedia komponen jaringan. Inovasi OSI senantiasa berupaya agar kendala yang ada dalam suatu Networking dapat teratasi, salah satunya dengan cara membuat suatu standar umum yang akan digunakan dalam suatu Networking. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya pemasok komponen yang ada yang produk atau protokolnya pasti digunakan dalam suatu Networking. Perbedaan protocol Vendor yang digunakan dalam suatu jaringan computer yang besar bisa mengakibatkan antar perangkat tidak bisa saling berkomunikasi dengan baik bahkan tidak bisa beroperasi sama sekali.

Dalam perkembangannya Model OSI ternyata mempunyai saingan berat dari riset yang dilakukan oleh DARPA (Defense Advance Research Project Agency) yang notabene adalah institusi yang berada di bawah pengawasan Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Setelah adanya riset DARPA model OSI sedikit ditinggalkan, namun beruntung pada akhirnya pemerintah Amerika Serikat memberikan apresiasi kepada OSI berupa peluang untuk menggunakan model OSI dalam proyek Government Open System Interconection Profile.

Darisanalah titik balik OSI, sebagai langkah awal osi mengeluarkan beberapa gebrakan yang langsung membuat protocol seperti TCPTCP/IP, DECnet dan IBM Systems Network Architecture (SNA) memetakan tumpukan protokolnya (protocol stack) ke OSI Reference Model. OSI Reference Model pun digunakan sebagai titik awal untuk mempelajari bagaimana beberapa protokol jaringan di dalam sebuah kumpulan protokol dapat berfungsi dan berinteraksi dengan baik
    1. Definisi Model OSI

OSI merupakan singkatan dari Open System Interconnection, yaitu standard komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standard itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Dahulu ketika OSI belum digunakan, perangkat komunikasi yang berasal dari vendor berbeda tidak dapat saling berkomunikasi. Alat.......
Klik gambar di bawah untuk download Makalah Full
http://sfl.ink/MakalahModelOSI
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makalah Model OSI"

Posting Komentar