Makalah Corak Kehidupan Masyarakat Pra Aksara


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang memilki letak yang strategis, sehingga tidak heran jika terjadi akulturasi beragam budaya yang terjadi sejak zaman nenek moyang sampai zaman era global saat ini.
Letak yang strategis tersebut sangat didukung oleh sumber daya manusianya. Untuk mempelajari kehidupan manusia saat ini tidak ada salahnya kita merunutnya sampai pada masa silam yaitu masa praaksara.
Kehidupan manusia pada zaman praaksara senantiasa mengalami perubahan dan perkembangan. Semua itu bertahap dan melalui proses yang sangat lama.
Tentunya corak kehidupan yang saat ini kita lakukan adalah kembangan dari corak kehidupan pada zaman praaksara. Untuk itu marilah kita menelaah “Corak Kehidupan Masyarakat Praaksara”

















BAB II
PEMBAHASAN

  1. Pola Hunian

Air  adalah kebutuhan utama manusia dalam bertahan hidup. Manusa lebih baik kelaparan daripada kehausan. Oleh sebab itu, air sangat dibutuhkan manusia sejak dahulu sampai sekarang. Hal itu juga yang mempengaruhi pola kehidupan manusia sejak dahulu. Suatu tempat apabila mengandung sumber air biasanya tanahnya subur dan tanamanpun hidup subur. Di daerah sumber air juga banyak didatangi hewan dan ikan. Hal inilah yang menjadi dasar utama bahwa manusia purba hidup di dekat sungai atau sumber air lainnya. Keberadaan air juga dapat dijadikan sarana  penghubung  atau transportasi untuk dapat melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, mereka juga memanfaatkan gua-gua di sekitar aliran air sungai untuk dijadikan tempat tinggal.
Hal tersebut di perkuat dengan penemuan barang-barang dan sisa-sisa peralatan yang ditemukan di dekat sungai. Pola hunian manusia purba memperlihatkan dua karakter, yaitu kedekatan dengan sumber air dan hidup di alam terbuka.
Ketika persediaan makanan di daerah yang mereka huni menipis, manusia purba akan segera berpindah tempat mencari daerah yang memiliki banyak persediaan sumber makanan. Pola tersebut terus berlangsung hingga manusia purba menemukan cara bercocok tanam. Setelah bercocok tanam mereka mulai hidup menetap. Selain bercocok tanam menusia purba juga mulai memelihara dan beternak binatang.








  1. Pembabakan Zaman Pra Aksara Berdasarkan Ciri Kehidupan

Berdasarkan penemuan-penemuan hasil kebudayaannya yang memiliki karakteristik yang berbeda antara satu masa dengan yang lainnya, maka corak kehidupan masyarakat pra aksara menurut para ahli sejarah dapat dibagi menjadi tiga masa, yaitu :
Masa berburu dan mengumpulkan makanan.
Masa bercocok tanam.
Masa perundagian.
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan
Pada masa ini, kehidupan manusia hanya terpusat pada upaya mempertahankan diri di tengah-tengah alam yang penuh tantangan dengan kemampuannya yang sangat terbatas. Kegiatan pokoknya adalah berburu dan mengumpulkan makanan, dengan peralatan dari batu, kayu, dan tulang.

  1. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana

  1. Teknologi
Teknologi pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, hanya mengutamakan segi praktis sesuai dengan tujuan penggunaannya saja, namun lama kelamaaan ada penyempurnaan bentuk. Di Indonesia dikenal dua macam teknik pokok, yaitu teknik pembuatan perkakas batu yang disebut tradisi kapak perimbas dan tradisi serpih. Pada perkembangan berikutnya ditemukan alat-alat dari tulang dan tanduk. Alat-alat dari batu yang digunakan sebagai perkakas zaman praaksara dapat digolongkan menjadi kapak perimbas dan kapak genggam

  1. Kehidupan sosial
Manusia purba semenjak Pithecanthropus hingga Homo Sapiens dari Wajak, menggantungkan kehidupannnya pada kondisi alam. Daerah sekitar tempat tinggalnya harus memberikan persediaan makanan dan air yang dapat menjamin kelangsungan hidupnya. Mereka hidup berkelompok dengan pembagian tugas, bahwa yang laki-laki ikut kelompok berburu dan yang perempuan mengumpulkan makanan dari tumbuhan dan hewan-hewan kecil. Selain itu mereka juga bekerja sama dalam hal menganggulangi seranan binatang buas maupun adanya bencana alam yang sewaktu-waktu dapat mengusik kehidupan mereka.

  1. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

  1. Keberadaan Manusia
Ada dua ras yang mendiami Indonesia pada permulaan kala Holosin, yaitu Austromelanesoid dan Mongoloid. Mereka berburu  rusa, gajah, dan badak untuk dimakan. Dibagian barat dan.............
Klik gambar di bawah untuk download Makalah Full
http://sfl.ink/MakalahPraAksara
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makalah Corak Kehidupan Masyarakat Pra Aksara"

Posting Komentar