Cara Menyimpan Halaman Web Tanpa Download

Saat kamu menemukan sebuah website dengan artikel menarik, kamu mungkin akan menyimpan halaman web tersebut agar kamu bisa membacanya secara offline di lain waktu. Untuk menyimpan sebuah halaman web, biasanya browser akan mengunduh semua bagian dari halaman web tersebut satu persatu. Namun, cara ini sepertinya akan memakan waktu yang cukup lama mengingat kecepatan internet di indonesia yang belum stabil, ditambah lagi kebanyakan website masa kini memiliki ukuran yang cukup besar dengan ukuran rata-rata 30-50 MB per halaman web. Lalu, apakah mungkin menyimpan sebuah halaman web tanpa mengunduhnya? Let’s check it out!

1.                   Buka halaman web yang ingin kamu simpan dengan browser internet              PC-mu, di sini saya membuka halaman winpoin.com dengan browser Opera.
2.                   Tekan tombol ctrl (control)+U di keyboard, maka akan muncul tab baru.
3.                   Setelah tab baru tersebut selesai dimuat, akan muncul kode yang     membentuk halaman web               tersebut. Copy semua kode tersebut kemudian     paste-kan di         teks editor            pilihan kamu. Di sini saya menggunakan     Notepad
4.                   Simpan kode-kode yang telah tersalin tadi dengan format html
5.                   Selesai

Kok bisa?

Sederhana, karena yang kode yang kamu salin tadi merupakan kode html, yaitu kode yang membentuk sebuah halaman web. Sehingga jika kamu menyimpan kode html tersebut dengan ekstensi file .html, itu sama saja dengan kamu membuat duplikat dari halaman web tersebut.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menyimpan Halaman Web Tanpa Download"

Posting Komentar